E-PAPER
ARSIP
kabar cimahi
Senin, 15 april 2013 00:21 WIB

Dari 150.000 Peserta Askes di Cimahi

15.000 Orang Berpenyakit Kronis

D. HARDJAKUSUMAH (GM) - Kepala PT Askes Cabang Utama Bandung, dr. Gatot Subroto mengungkapkan, dari sekitar 500.000 peserta Askes di wilayah kerjanya, 60 persen usianya di atas 40 tahun. Karena itu, umumnya mereka sudah memiliki gangguan penyakit.

"Penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes dan jantung, banyak diderita peserta," kata Gatot di sela-sela kegiatan bertajuk Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) 2013 Tingkat Kota Cimahi di pelataran dan Aula Gedung B Pemkot Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah, Sabtu (13/4).

Ia menambahkan, peserta Askes di Kota Cimahi mencapai 150.000. Dari jumlah tersebut, katanya, 15.000 peserta memiliki penyakit kronis.

Untuk memotivasi peserta Askes agar melakukan pola hidup sehat, tidak kurang dari 150 peserta Askes, yang sebagian merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi, mendapat pemeriksaan kesehatan gratis, khususnya penyakit diabetes. Mereka juga mendapat penyuluhan cara hidup sehat dan melaksanakan senam bersama.

Ketua Panitia Pelaksana, Rahmanto Fauzi mengatakan, Prolanis merupakan program yang dirancang dalam penanganan penyakit kronis bagi peserta Askes. "Peserta Askes yang terdaftar dalam Prolanis akan mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas atau dokter keluarga yang terpilih dan mendapatkan buku pantauan kesehatan," katanya.

Setiap bulan, lanjutnya, peserta Prolanis akan dikumpulkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium. Dikatakannya, hasil pemeriksaan laboratorium akan dicek dokter untuk mengetahui kemungkinan memiliki resiko penyakit tertentu.

"Jika ada, dokter keluarga akan memberikan perhatian khusus terhadap pola makan, gaya hidup, dan lingkungan. Selanjutnya, dokter memberikan resep obat khusus penyakit kronis," katanya.

Ditambahkannya, kegiatan ini bertujuan memotivasi peserta untuk meningkatkan kemampuan dalam memelihara kesehetan secara mandi ri, meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan, mutu pelayanan kesehatan dan hubungan baik antara PT Askes, peserta dan pemberi pelayanan kesehatan.
(B.35)**