E-PAPER
ARSIP
kabar cimahi
Rabu, 20 maret 2013 00:40 WIB

767 PNS Dapat SK Kenaikan Pangkat

BAROS (GM) - Sebanyak 767 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi mendapat SK kenaikan pangkat. Dengan adanya SK kenaikan pangkat tersebut, diharapkan menjadi pendorong PNS bersangkutan untuk lebih menngkatkan pengabdiannya kepada negara dan masyarakat.

Penyerahan SK kenaikan pangkat dilakukan di Gedung Pusdik Armed TNI AD, Jln. Baros, Kota Cimahi, Selasa (19/3). Hadir dalam acara itu Momom Tasiman selaku Kabid Kepangkatan dan Mutasi Kantor BKN Regional III Bandung, jajaran pejabat, dan pegawai di lingkungan Pemkot Cimahi.

Penyerahan SK kenaikan pangkat tersebut secara simbolis dilakukan Wakil Wali Kota Cimahi, H. Sudiarto kepada 10 perwakilan PNS penerima SK kenikan pangkat. Di antara PNS yang menerima SK kenaikan pangkat, tercatat nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Bambang Ari Nugroho, yaitu dari golongan 4C menjadi 4D.

Menurut Sudiarto, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12/2002, kenaikan pangkat merupakan bentuk penghargaan dari negara atas pengabdian pegawai bersangkutan. Selain itu, lanjutnya, kenaikan pangkat juga dalam rangka meningkatkan pengabdian pegawai bersangkutan.

Dikatakan Sudiarto, dengan pemberian kenaikan pangkat juga diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pegawai yang lainnya untuk menjadi garda terdepan dalam pembangunan, termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sudiarto mengingatkan, bagi PNS yang mendapat SK kenaikan pangkat agar dijaga sebagai amanah. Jangan sebaliknya, lanjut Sudiarto, kenaikan pangkat dijadikan alat bersombong diri.

Sudiarto juga minta pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk memperhatikan pegawai fungsional (non-struktural). Menurutnya, bila memang prestasinya sudah memenuhi syarat untuk dinaikkan pangkatnya, segera proses sesuai aturan yang ada.

"Sebaliknya jika persyaratannya belum memenuhi, jangan dipaksakan untuk naik pangkat mengikuti pegawai struktural, karena memang aturannya beda," paparnya.

Pembekalan

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi, Dantje Sunanda dalam laporannya mengatakan, dari 767 PNS yang naik pangkat, mencakup PNS dari golongan IV sebanyak 90 orang, golongan III 454, golngan II 202, dan golongan I 21 orang.

Menurut Dantje, bersamaan dengan pemberian SK kenaikan pangkat, 20 di antaranya SK kenaikan pangkatnya masih belum turun. Hal itu karena persyaratannya masih kurang lengkap, sehingga belum dapat diproses lebih lanjut oleh pihak BKN.

Khusus untuk guru, tambahnya, masih dalam proses klarifikasi di pusat terkait kredit poinnya. Jika hasil klarifiksi ternyata tidak benar, SK kenaikan pangkatnya bisa dibatalkan.

Usai acara, dilanjutkan dengan pembekalan bagi 767 PNS yang naik pangkat. Pemateri pembekalan disampailan oleh Momom Tasiman, selaku Kabid Kepangkatan dan Mutasi Kantor BKN Regional III Bandung. Adapun materi pembekalan di antaranya menyangkut tentang prosedur kenaikan pangkat, serta hak dan kewajiban PNS yang naik pangkat.
(B.35)**