E-PAPER
ARSIP
kabar soreang
Jumat, 07 juni 2013 00:40 WIB

Baru 16 Kecamatan Terlayani Air Bersih

SOREANG (GM) - Layanan air bersih perkotaan di Kab. Bandung oleh PDAM Tirta Raharja baru mencapai 16 kecamatan dari 31 kecamatan. Rencananya, pembukaan jaringan baru akan dilaksanakan di lima kecamatan yaitu Kutawaringin, Pameungpeuk, Pasirjambu, Cikancung, dan Cikancung.

"PDAM Tirta Raharja bukannya membatasi pelayanan, namun kemampuan investasi yang terbatas serta perlu diperhatikan pula keberadaan sumber airnya. Kemampuan investasi pun jadi tidak akan berguna apabila sumber airnya tidak ada atau debitnya kurang," kata Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja, Dadang Supriyadi di Soreang, Senin (3/6).

Dikatakan, investasi pembukaan jaringan baru di empat kecamatan tersebut menelan anggaran Rp 8,6 miliar dengan potensi pelanggan di atas 4.000 pelanggan. Hingga saat ini, PDAM Tirta Raharja memiliki 67.817 pelanggan.

Menurutnya, dengan masih rendahnya cakupan pelayanan PDAM Tirta Raharja, berarti masih banyak potensi demand yang belum dapat dipenuhi. Salah satu cara untuk menarik jumlah pelanggan, pihaknya tiap tahun menggelar program cash back bagi pelanggan baru.

"Program cash back diberikan kepada pelanggan baru yang membayar kontan. Begitu membayar, langsung kita kembalikan uang Rp 200.000 dari sejumlah uang yang telah dibayarkan. Program ini digelar setiap memperingati Hari Jadi Kab. Bandung yang tahun ini dilaksanakan dari tanggal 27 Mei sampai 27 Juni. Tahun lalu program ini berhasil menjaring sekitar 400 pelanggan," ungkapnya.

Program cash back pemasangan baru yang berlangsung sampai 27 Juni ini, lanjut Dadang, membantu meringankan masyarakat yang membutuhkan air bersih dengan biaya terjangkau. Terlebih pengeluaran masyarakat pada bulan Juni jauh lebih besar, karena harus mengeluarkan tambahan biaya pendidikan.

"Diharapkan, PDAM Tirta Raharja dapat dijadikan salah satu parameter peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kab. Bandung pada sektor kesehatan, dan peningkatan taraf hidup masyarakat melalui pelayanan air minum," ujarnya.

Pengembangan

Ditambahkan, PDAM Tirta Raharja Kab. Bandung adalah satu-satunya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memiliki tugas memberikan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kab. Bandung. Seiring dengan era otonomi daerah, tahun 2001 terbentuk daerah otonomi baru yaitu Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB), sehingga wilayah pelayanan PDAM Tirta Raharja Kab. Bandung secara administratif meliputi tiga daerah otonom tersebut.

Hal ini merupakan peluang untuk pengembangan pelayanan air minum dengan potensi demand yang tinggi yang dapat dilayani PDAM Tirta Raharja.
(B.104)**