E-PAPER
ARSIP
gala soccer
Rabu, 24 april 2013 01:21 WIB

Borussia Dortmund vs Real Madrid

Beban La Decima

La Decima yang mengandung arti gelar kesepuluh akan menjadi sasaran utama dari Real Madrid saat melakoni leg I semifinal Liga Champions melawan Borussia Dortmund di Signal Iduna Stadium, Kamis (25/4) dinihari WIB.

Kata La Decima tersebut akan memiliki makna ganda bagi pasukan Jose Mourinho di kandang lawannya. Makna pertama tentu saja sebagai motivasi untuk segera diwujudkan. Dan kemenangan atas Dortmund ada­lah salah satu jalannya. Se­dang­kan makna kedua adalah menjadi beban, lantaran sangat tidak mudah untuk mewujudkan kata tersebut. Apalagi laga pertama harus dijalani di kandang lawan.

Saat penyisihan grup lalu, El Real sudah merasakan bagaimana sulitnya menaklukkan Die Borussen. Cristiano Ronaldo cs. pun harus mengakui keunggulan Dortmund kala ini dengan skor 1-2. Bahkan misi membalas kekalahan di Stadion Santiago Bernabeu tidak kesampaian, lantaran Dortmund bisa menahan imbang 2-2. Dua hasil tersebut telah memperlihatkan bahwa kata La Decima akan menjadi beban di leg I nanti.

Na­mun para pemain Madrid sudah semakin percaya diri dengan penampilan mereka dalam beberapa laga terakhir. Bahkan meyakini jika di kandang Dortmund nanti, menyerang akan men­jadi pertahanan terbaik. Namun, mereka juga sudah siap mewaspadai serangan balik Dort­mund, yang diperkirakan ti­dak akan terlalu tampil terbuka, se­perti di babak penyisihan grup lalu.

"Kami mengetahui mengenai hal itu (serangan balik Dortmund), dan kami mendapatkan hukumnan atas aksi itu," kata sa­yap Madrid, Angel Di Maria se­perti dilansir situs resmi Madrid.

"Mereka adalah tim yang mirip dengan kami, yang sangat kuat saat serangan balik, dan mereka juga sedang dalam laju yang bagus. Kami harus tampil 100 persen saat melakoni pertandingan," kata pemain timnas Argentina itu.

Namun seberapa beratnya beban tersebut, para pemain Madrid tetap merasa lebih percaya diri menatap pertandingan. Bahkan bek muda, Raphael Varane memiliki inspirasi tersendiri dalam mewujudkan kata la decima. Inspirasi tersebut datang dari gol Zinadine Zidane saat merebut gelar Liga Champions 2002 silam.

"Tendangan voli Zidane adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran saya. Liga Champions selalu menghadirkan yang paling terbaik dari yang terbaik," ujar Varane di situs resmi UEFA.

Tetap optimistis

Dari kubu tuan rumah, Dortmund tetap memendam optimistis tinggi meski mengakui Madrid masih menjadi tim terbaik di Liga Champions musim ini. Bahkan gelandang, Ilkay Gundogan mengaku tidak terlalu bahagia lantaran bertemu Los Blancos di semifinal ini.

"Madrid adalah salah satu tim terbaik dunia. Saya rasa mereka adalah tim terbaik di Liga Champions. Kami memang telah mengalahkan mereka di fase grup, namun tak diragukan lagi mereka bermain jauh lebih baik saat ini," jelasnya.

Selain rasa optimistis tinggi dari pemain, kabar menggembirakan Dortmund datang dari pulihnya striker mereka Robert Lewandowski yang sebelumnya sempat diragukan bisa tampil di semifinal nanti.

Amunisi lini depan asal Polandia tersebut sempat terganggu kesehatannya di akhir pekan, kala Die Borussen menang 2-0 lawan Mainz. Namun ia menenangkan para fansnya via facebook, ia menggaransi bakal tampil untuk membantu klubnya menyingkirkan Madrid

"Saya menjamin hari Rabu (waktu Jerman) nanti saya tak bakal absen. Otot saya memang sempat bermasalah namun itu semua tidak serius. Saya akan fit untuk Madrid!"

Lewan­dowski sendiri sedang dalam performa me­nakutkan, dirinya selalu mencetak gol dalam 12 laga terakhirnya bersama Dortmund di semua kompetisi.

Kita lihat saja hasilnya, apakah suntikan motivasi atau beban yang akan muncul dari kata La Decima pada Madrid.
(wahyu/­"GM"/­berbagai sumber)**