E-PAPER
ARSIP
gala sport
Jumat, 12 juli 2013 00:35 WIB

Bromo Marathon Masuk 5 Lomba Top Asia 2013

JAKARTA (GM) - Bromo Marathon yang akan digelar 1 September mendatang masuk sebagai salah satu lomba lari terbaik Asia. Lokasi unik dengan pemandangan menakjubkan adalah keistimewaan terbesarnya.

Bromo Marathon memang baru akan pertama kali digelar. Namun event menawarkan berbagai hal yang mungkin amat jarang ditemui di lomba lari lainnya. Situs CNN memasukkannya sebagai salah satu lomba lari terbaik Asia tahun ini, bersaing dengan ajang lainnya di Cina, Laos, Thailand, dan Kamboja.

Lokasinya berada setidaknya di ketinggian 1.700 meter dengan trek bervariasi, jalan aspal dan tanah. Rutenya amat menantang dan menarik karena peserta akan dibawa naik-turun bukit, melewati candi hindu, dan sekaligus disuguhi pemandangan menakjubkan gunung berapi aktif yang dikelilingi gurun pasir luas.

Tak hanya itu, ikut serta di ajang lari yang memperlombakan tiga kelas; marathon, half marathon, dan 10K ini juga memberikan para pesertanya kesempatan untuk melakukan kegiatan sosial. Acara ini memang diselenggarakan untuk mengumpulkan dana demi mengembangkan pendidikan di pedesaan di sekitar Bromo.

Gunung Bromo sendiri merupakan satu dari lima puncak yang berada di tengah sebuah kaldera raksasa. Karena masih aktif, Bromo seringkali menyemburkan abu vulkanis sehingga akan memberikan suasana lain di kompetisi tersebut.

Selain Bromo Marathon, CNN memasukkan empat kompetisi lain karena dinilai punya keunikan masing-masing. Mereka adalah The Genghis Khan Grassland Extreme Marathon (Cina), Luang Prabang Half Marathon (Laos), Standard Chartered Bangkok Marathon (Thailand), dan Angkor Wat International Half Marathon (Kamboja).

"Butuh motivasi untuk berlari lebih cepat? Yakinkan diri Anda bahwa gunung berapi besar dan mendidih ini siap meletus," tulis CNN tentang Bromo Marathon.
(B.51/detiksport)**