E-PAPER
ARSIP
kabar daerah
Sabtu, 13 juli 2013 00:46 WIB

Peringatan Hari Jadi Cianjur Ke-336

Bupati, "Titik Balik Kebangkitan"

CIANJUR (GM) - Puncak peringatan Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-336 digelar dengan melakukan upacara bendera yang dipusatkan di kompleks Pemkab Cianjur, Jln. Siti Jenab, Jumat (12/7). Upacara diikuti para pegawai di lingkungan Pemkab Cianjur.

Bupati Cianjur H. Tjetjep Muchtar Soleh dan Wakil Bupati H. Suranto bersama beberapa pejabat teras lainnya mengenakan pakaian adat Sunda. Namun sayangnya para peserta upacara mengenakan baju dinas biasa.

Upacara bendera kali ini berbeda dengan upacara biasanya. Dalam susunan acara termasuk sambutan, Bupati menggunakan bahasa Sunda. Ia menyampaikan ucapan selamat HJC ke-336 bagi seluruh lapisan masyarakat Kab. Cianjur.

Dikatakan Bupati, peringatan hari jadi ini senatiasa harus digunakan sebagai momentum untuk melakukan introspeksi atas peran dan tanggung jawab dalam membangun daerah Cianjur. Dari tahun ke tahun aparat dan masyarakat bersama-sama membangun Cianjur, baik secara fisik, material maupun mental dan spiritual.

Diakui Bupati, setiap tahun mereka dihadapkan pada permasalahan dan tantangan yang semakin besar. "Mari kita jadikan momentum ini sebagai titik balik kebangkitan kita dan pemerintah Kabupaten Cianjur, untuk bersama-sama membangun Cianjur yang kita cintai ini dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan. Tekad kita menjadikan masyarakat Cianjur yang lebih sejahtera dan lebih berakhlak," ujar Tjetjep.

Potensi

Dikatakannya, potensi Kab. Cianjur sangat besar untuk menjadi daerah yang memiliki daya saing di tengah persaingan global. "Kita memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa. Sebuah potensi yang harus dapat kita optimalkan untuk kemakmuran masyarakatnya di masa yang akan datang," katanya.

Saat ini, kata Tjetjep, waktu yang tepat untuk melakukan langkah-langkah nyata. Ia mengajak semua pihak untuk bergerak sesuai kapasitas masing-masing sehingga membawa perubahan.

"Itulah hakikat HJC setiap tahunnya. Kiranya perlu dipahami, selain keberpihakan dari semua, tentunya kita harus senantiasa melakukan evaluasi terhadap hasil-hasil pembangunan sehingga ada peningkatan yang lebih berarti. Sehingga pembangunan daerah dapat terlaksana dengan baik, lebih jelas, terarah, dan manfaatnya lebih dirasakan," tegasnya.

Setelah upacara HJC, dilanjutkan dengan sidang paripurna istimewa di Gedung DPRD Cianjur. Hampir semua yang hadir mengenakan baju adat. Demikian juga jalannya sidang, menggunakan bahasa Sunda.
(B.101)**