E-PAPER
ARSIP
kabar bandung
Sabtu, 24 agustus 2013 00:23 WIB

Caleg Masuk DCT Mulai Bertarung

SOEKARNO-HATTA (GM) - Para calon legislatif yang sudah ditetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT) Kota Bandung dan berhak bertarung dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014, diperbolehkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Setiap calon sudah bisa melakukan sosialisasi tiga hari setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menetapkan DCT.

"Setelah tiga hari DCT ditetapkan setiap calon diperbolehkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga warga bisa mengetahui calon yang akan mewakili aspirasi mereka di parlemen," ujar Ketua KPU Kota Bandung, Apipudin, S.Si. kepada "GM", Jumat (23/8).

Menurutnya, sosialisasi tersebut diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Tahun 2014.

Dengan demikian, semua calon berhak untuk menyosialisasikan dirinya kepada masyarakat. "Dalam PKPU tersebut, diatur mengenai mekanisme sosialisasi dan kampanye Pemilu 2014," ungkapnya.

Apipudin menjelaskan, salah satu hal yang harus diingat oleh semua calon adalah melakukan sosialisasi sesuai peraturan yang berlaku. Sehingga tidak membuat semrawut Kota Bandung dengan banyaknya alat peraga.

"Jangan sampai semrawut dan mengganggu estetika Kota Bandung. Pemasangan alat-alat peraga harus sesuai peraturan dan dipasang di titik-titik atau tempat yang memang diperbolehkan," katanya.

Ia mendapat banyak keluhan dari masyarakat yang merasa terganggu dengan maraknya alat peraga calon yang dipasang tidak pada tempatnya. Kondisi ini harus menjadi perhatian serius dari semua calon.
(B.111)**