E-PAPER
ARSIP
kabar padalarang
Senin, 24 september 2012 01:44 WIB

Calhaj Bandung Barat Diberangkatkan dari Pusdikav

BATUJAJAR (GM) - Sebanyak 450 jemaah calon haji asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan berangkat ke Tanah Suci pada Kamis (27/9) mendatang. Mereka tergabung di kelompok terbang (kloter) 19. Pemberangkatan akan dilakukan secara resmi dari Pusdikav Padalarang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) KBB, Imron Rosyadi di Batujajar, Minggu (23/9). Ia menjelaskan, calhaj yang tergabung di kloter 19 akan diberangkatkan dari Pusdikav Padalarang pada pukul 08.00 WIB. "Mereka akan terbang ke Arab Saudi keesokan harinya pada pukul 05.00 WIB," katanya.

Sedangkan kelompok calhaj KBB yang tergabung di kloter 70 jumlahnya 220 orang. Dikatakan Imron, ke-220 orang calhaj itu akan bergabung dengan jemaah lain dari Ciamis dan Cianjur. "Mereka berangkat ke tanah suci pada tanggal 14 Oktober 2012 pukul 04.20 WIB," tambahnya.

Dikatakan Imron, calhaj KBB yang berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini rinciannya 495 laki-laki dan 586 perempuan dari total kuota 1.081 jamaah. Sisanya, lanjut Imron, ada calhaj dari KBB yang berangkat dari Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

"Ini dikarenakan mereka mengikuti bimbingan ibadah hajinya di KBIH yang ada di kota-kota itu sehingga keberangkatannya pun sekalian dari kota KBIH tersebut. Karenanya sangat sulit jika seluruh calon haji KBB yang berjumlah 1.081 semuanya berangkat dari Bandung Barat," katanya.

Khusus untuk kloter 19 dipimpin ketua rombongan Deni Irawan, pembimbing Haerudin, dokter Elis Carmanah, dan perawat Anwar Usup Ayo dan Irang Sukandar. Sedangkan pada kloter 70, ketua rombongannya Didin Saefudin, pembimbing Agus Idris, dokter Yana Mulyana Engkos, perawat Heri Noviana Setiawan dan Enok Supiati dengan tim pembantu haji daerah Jabar Zaenal Abidin.

Pembekalan

Para jemaah haji asal KBB sempat mengikuti acara penutupan manasik haji terakhir di Kecamatan Cihamperas, Sabtu (22/9). Pesertanya sebanyak 670 orang yang tersebar dari hampir seluruh kecamatan di KBB. Kegiatan ini dihadiri Bupati Bandung Barat, H. Abubakar.

Kegiatan manasik di Pondok Pesantren Darul Falah Cihampelas ini merupakan yang keempat kali diselenggarakan Kantor Kemenag KBB. "Inti dari pembekalan kepada jemaah haji adalah agar mereka menjaga kesehatan, kondisi fisik, kekompakan dan kesolidan di antara jemaah, agar selamat dan bisa kembali ke Indonesia menjadi haji yang mabrur," ujar Imron.
(B.84)**