E-PAPER
ARSIP
kabar jatinangor
Selasa, 14 mei 2013 01:19 WIB

Camat Dorong Pembangunan Pasar Cicalengka

CICALENGKA (GM) - Camat Cicalengka, Achmad Rizky Nugraha menegaskan, pihaknya mendukung dan terus mendorong rencana pembangunan Pasar Cicalengka dengan konsep modern. Pasalnya, hingga saat ini, pasar tradisional yang Oktober 2111 lalu luluh lantak diamuk api ini belum ada tanda-tanda akan segera dibangun.

"Benar, kita akan terus mendorong agar Pasar Cicalengka segera dibangun. Meski anggaran yang harus disiapkan pemerintah ataupun investor belum diketahui, namun saya berharap tahun ini Pasar Cicalengka segera bisa dibangun," kata Achmad Rizky kepada "GM" di Cicalengka, Senin (13/5).

Menurut Rizky pembangunan Pasar Cicalengka dengan konsep modern atau pasar sehat bisa menelan anggaran hingga puluhan miliar rupiah. Saat ini, pihaknya masih menunggu perkembangan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kab. Bandung.

Dikatakan Rizky, anggaran mencapai puluhan miliar rupiah tidak bisa ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Karena itu, diperkirakan pemerintah akan menggandeng investor. Pemkab Bandung juga akan terus mengoordinasikan kebutuhan anggaran pembangunan pasar dengan Pemerintah Provinsi Jabar.

"Saat ini, pemerintah sedang menggodok dan mematangkan aturannya dulu. Soalnya, pemerintah membutuhkan perencanaan yang matang rencana pembangunan pasar tersebut. Termasuk pemerintah juga menerima masukan dari sejumlah pihak terkait rencana pembangunan pasar tersebut," katanya.

Menurut Rizky, terkait rencana pembangunan pasar tersebut, sejumlah pihak sudah terjun ke lapangan untuk melakukan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam percepatan pembangunan pasar tersebut. "Dengan harapan dalam rencana pembangunan pasar itu, bisa berlangsung kondusif dan aman dalam pelaksanaannya. Bahkan selain kita terus mendorong, juga siap mengamankannya," katanya.

Rizky juga berharap, dalam rencana pembangunan pasar itu, sejumlah pihak yang ada di lapangan harus satu persepsi. Jangan sampai ada beberapa kelompok pedagang. "Dengan adanya persepsi yang sama, dapat mendorong guna percepatan pembangunan pasar. Begitu pula masyarakat pedagang harus satu suara. Jajaran muspika akan terus berusaha untuk memfasilitasi kepentingan para pedagang tersebut guna mendorong dan mempercepat pembangunan pasar,"katanya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 418 pedagang Pasar Tradisional Cicalengka Kab. Bandung mendesak Pemkab. Bandung untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan Pasar Cicalengka pasca-kebakaran.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada tanda-tanda pasar kembali dibangun.

Ratusan para pedagang yang tergabung dalam Komite Percepatan Pembangunan Pasar (KPPP) Cicalengka itu, melalui jajaran pengurusnya yang diwakili 15 orang pedagang sempat menyampaikan harapan itu ke Pemkab. Bandung pada Jumat (3/5) lalu ke dinas terkait di Pemkab Bandung, termasuk ke wakil rakyat.
(B.105)**