E-PAPER
ARSIP
kabar soreang
Jumat, 17 mei 2013 00:46 WIB

Daftar Tunggu Calhaj Sampai Tahun 2021

SOREANG (GM) - Masyarakat Kabupaten Bandung yang akan mendaftarkan dirinya untuk menunaikan ibadah haji harus menunggu pemberangkatan hingga tahun 2021. Sebab, sampai pekan ini, jemaah calon haji (calhaj) yang sudah lebih dari 15.000 orang.
"Pastinya yang mendaftar sekarang atau berikutnya masuk daftar tunggu atau waiting list. Hasil perhitungan Kementerian Agama Kabupaten Bandung, dengan kuota haji dan jumlah calhaj yang sudah mendaftar saja diperkirakan harus menunggu pemberangkatan sampai 2021," kata Kepala Kemenag Kabupaten Bandung, Cecep Kosasih di Soreang, Kamis (16/5).

Meski sudah mengetahui daftar tunggu sampai tahun 2021, lanjut Cecep, antusiasme warga Kabupaten Bandung untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tetap tinggi. Terbukti, jumlah warga yang mendaftar bisa sampai 30 orang/hari.

"Peluang untuk berangkat lebih awal bukan sesuatu yang mustahil. Bisa saja dari sekian ribu orang yang telah mendaftar itu ada yang mengundurkan diri karena sakit, atau belum siap berangkat sehingga bisa digantikan oleh calhaj nomor urut di bawahnya," ujar Cecep.

Kuota menurun

Sayangnya, antusiasme warga Kabupaten Bandung berangkat haji tidak diimbangi dengan kuota haji. Malah terhitung tahun ini, kuota haji untuk Kabupaten Bandung berkurang dari sebelumnya 2.517 menjadi 2.504. Berarti ada penurunan sebanyak 13 orang.

Dijelaskannya, kuota haji telah berdasarkan perhitungan dengan rumus jumlah penduduk muslim, ditambah pendaftar haji, dibagi kuota yang diterima Jawa Barat. "Tentunya warga Kabupaten Bandung menghaarakan kuota haji bukannya dikurangi, tapi ditambah. Mengingat jumlah pendaftarnya sangat banyak sampai harus menunggu sampai delapan tahun serta jumlah penduduk muslim Kabupaten Bandung menduduki peringkat kedua di bawah Kabupaten Bogor. Tapi setelah dihitung dengan menggunakan rumus tersebut, hasilnya malah berkurang 13. Saya memandang rumus yang dipakai itu cukup adil," bebernya.

Tingginya niat masyarakat untuk pergi berhaji juga berpengaruh pada calhaj yang berangkat dengan fasilitas ONH Plus. Saat ini cahlaj ONH plus juga sampai harus menunggu berangkat hingga sampai 4 tahun.
(B.104)**