E-PAPER
ARSIP
kabar bandung
Minggu, 10 november 2013 00:58 WIB

Dua Mobil Hemat Energi Ikut Lomba

DJULAEHA KARMITA (GM) - Politeknik TEDC Cimahi berhasil menciptakan dua mobil hemat energi dengan nama Cimahi II dan Cimahi III. Kedua mobil tersebut di-launching Wali Kota Cimahi di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jln. Djulaeha Karmita, Sabtu (9/11). Hadir dalam acara tersebut Direktur Politeknik TDEC, Drs. Sueb, M.Si.

Kedua mobil dengan satu kabin yang tampak fisiknya mirip pesawat terbang ukuran mini tersebut, dioperasikan dengan menggunakan sistem kendali elektronik ke sistem monitor. Cimahi II dan Cimahi III dibuat oleh tim mahasiswa Teknik Mesin. Pembuatannya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

Mobil Cimahi II dengan warna putih merah, menggunakan bahan bakar minyak (BBM) premium. Sedangkan mobil Cimahi III yang berwarna putih biru, menggunakan tenaga listrik berupa baterai hanya berkuatan lima ampere.

"Kedua mobil karya asli mahasiswa teknik mesin ini, akan mewakili Cimahi pada lomba mobil hemat energi dengan tajuk 'Indonesian Enegri Marathon Chalengger 2013' pada 13 November di ITS Surabaya.

Menurut salah seorang mahasiswa anggota tim pembuat, Juliandi, kedua mobil dengan sistem otomatis yang dikendalikan komputer tersebut, telah melebihi kehematan energinya di atas standar yang telah ditentukan panitia lomba, yaitu untuk 1 liter BBM bisa menempuh jarak 500 km. Itu untuk mobil hemat yang menggunakan BBM, yakni Cimahi II, sesuai hasil uji coba. Kecepatannya bisa 40 km/jam.

Sedangkan untuk mobil hemat energi dengan tenaga listrik (Cimahi III), dengan tenaga 5 ampere bisa menempuh jarak hingga 150 km tanpa di-charge. Mobil Cimahi III kecepatannya sekitar 70 km/jam," papar Juliandi sambil menambahkan, kedua mobil juga akan diikutkan lomba tingkat Asia di Filipina 6-9 Februari 2014.
agh