E-PAPER
ARSIP
hiburan
Minggu, 05 mei 2013 00:58 WIB

Gala-Zema School

Entertainer Perlu Menguasai Etika Jamuan Makan

LAHIRNYA Galazema School (Gazes) bukan hanya untuk menelurkan bibit-bibit di bidang entertainment yang hanya berbekal materi-materi fesyen, stage, dan juga presenter. Namun kehadiran Gazes diisi pula oleh materi penting yang menjadi dasar para entertainer dihargai di dunia nyata, yaitu bagaimana siswa bersikap, berpikir, bertutur kata, berperilaku, berpenampilan, dan bersosialisasi sudah menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan dan dikembangkan.

Salah satu bekal yang penting dan lebih banyak dipakai di lingkungan sosialita, yaitu table manner. Sekarang ini, satu dari sekian hal yang termasuk dalam upaya pengembangan diri dan kepribadian mahasiswa adalah mengajarkan mahasiswa etika dan tata cara menghadapi jamuan makan.

Sebuah hal yang menurut kebanyakan orang sebagai hal kecil, namun sangat besar pengaruhnya dalam kesuksesan hidup seseorang mengingat banyak hal yang biasanya dikomunikasikan dan dinegosiasikan orang saat jamuan makan. "Dan di sinilah biasanya akan kelihatan bagaimana kepribadian seseorang dari cara ia bersikap dan berperilaku di meja makan," ungkap salah satu owner Gazes, Jamal Hasan.

Dikatakannya, memahami etika di meja makan menjadi sangat penting untuk menunjukkan bahwa entertainer tidak hanya paham dan terampil di atas stage atau di depan layar kaca saja, akan tapi juga paham bagaimana beretika dan bersikap dalam sebuah jamuan makan.

"Hal ini penting karena enternainer mempunyai kesempatan yang sangat luas untuk bergaul baik didalam negeri maupun luar negeri yang menerapkan international table manner atapun ketika mereka harus bernegosiasi ataupun membuat kesepakatan dengan orang lain. Dan table manner merupakan salah satu kunci dari kesuksesan negosiasi ataupun kesepakatan tersebut," jelasnya.

Dipaparkannya, belajar table manner tidak semata belajar bagimana tata cara makan, tapi lebih dari itu. Dalam table manner juga diajarkan bagimana tata cara bersikap dan menjawab undangan jamuan makan, bagimana tata cara berjalan dan duduk saat menghadapi jamuan makan, bagaimana cara memuliakan tamu bagi tuan rumah, cara menghormati tamu utama dan lain sebagainya.

"Jadi mempunyai cakupan yang lebih luas dari sekedar bagaimana memperlakukan makanan di meja makan," katanya.
(tri widiyantie/"GM")**