E-PAPER
ARSIP
kabar dunia
Sabtu, 01 september 2012 05:47 WIB

Ada Peringatan Tsunami di Indonesia

Gempa 7,9 Guncang Philipina

http://citraindonesia.com
PHILIPINA (GM) - Gempa berkekuatan 7,9 skala richter (SR) mengguncang Philipina. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk beberapa negara termasuk Indonesia menyusul terjadinya gempa ini.

Seperti dilansir dari Reuters, pusat gempa ada di 163 Km sebelah timur lepas pantai Kota Guiuan, Samar, dengan kedalaman 20 Km.

US Geological Survey dan Pacific Tsunami Warning Center juga merilis peringatan tsunami, untuk Philipina, Jepang, Taiwan, Papua Nugini, dan Indonesia.

Selain itu peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk pulau-pulau lainnya yang ada di wilayah Pasifik termasuk negara bagian Amerika Serikat, Hawai.

Suharjono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, BMKG Pusat mengatakan efek gempa di Philipina cukup terasa sampai ke Ternate, namun kekuatannya tidak begitu besar.

Masyarakat dihimbau untuk tidak panik. Memang berdampak tsunami, namun hanya Tsunami Minor (tsunami kecil, tinggi perairan laut tidak akan lebih dari setengah meter).

Gempa susulan memang ada untuk beberapa kali namun tidak begitu besar.Peringatan terjadinya tsunami untuk wilayah Indonesia menyusul gempa berkekuatan 7,6 skala richter yang terjadi di Philipina telah dicabut. Indonesia dipastikan tak akan tersentuh tsunami.

"Pacific Tsunami Warning Center telah mencabut peringatan tsunami untuk semua wilayah, termasuk Indonesia," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Syamsul Maarif, M.Si .

Peringatan itu juga sempat diturunkan menjadi hanya untuk Philipina dan Indonesia. Kini peringatan itu dicabut.
prfm