E-PAPER
ARSIP
kabar bandung
Rabu, 04 september 2013 00:40 WIB

Juara OSN XII Dijanjikan Beasiswa

TAMANSARI (GM) - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan berjanji akan memberikan beasiswa kepada para siswa berprestasi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) XII di Bandung, 3-7 September ini.

"Tentu kita akan memberikan beasiswa kepada mereka. Kita punya banyak program beasiswa kepada para siswa berprestasi," kata Heryawan, usai menghadiri acara pembukaan OSN di Sasana Budaya Ganesha, Jln. Tamansari, Selasa (3/9).

Heryawan mengatakan, beasiswa bisa diberikan kepada siswa berprestasi hingga mereka menyelesaikan jenjang perguruan tinggi. Termasuk membantu mengirimkan mereka ke ajang olimpiade yang lebih tinggi. Oleh karenanya, Heryawan berharap, tahun ini Jabar bsia meraih gelar juara umum pada OSN kali ini.

"Mudah-mudahan kita juara umum. Nanti mereka kita kumpulkan dan berikan beasiswa," ujarnya.

Heryawan juga berharap, pelaksanaan OSN berdampak positif untuk kemajuan bangsa di masa depan. "Mudah-mudahan OSN menghadirkan penyelesaian persoalan bangsa," lanjutnya.

Sementara itu, OSN 2013 juga dihadiri Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim. OSN diikuti sekira 3.600 peserta dari seluruh Indonesia mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, PKLK Pendidikan Menengah, dan guru. Khusus pelaksanaan OSN khusus jenjang SD telah dilaksankan pada 2-7 Juni lalu di Bandung. Sedangkan jenjang SMP pada 15-20 Juni di Batam.

Jenis lomba dalam OSN meliputi mata pelajaran matematika, IPA, fisika, kimia, biologi, astronomi, komputer, geografi, ekonomi, dan bisnis.

Menjaga kualitas

Sementara keikutsertaan guru dalam ajang olimpiade kali ini akan memberikan nilai lebih. Sebab guru kunci utama menjaga kualitas peserta didik dan pendidikan itu sendiri.

Musliar mengatakan, pelaksanaan OSN memiliki banyak manfaat. Salah satunya menumbuhkembangkan jiwa kompetensi yang sehat. Para peserta adalah orang-orang terbaik yang sudah melewati berbagai tahapan.

"Kedua, meningkatkan kecintaan kita terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). OSN juga bermanfaat untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas peserta dan guru yang ikut sebagai peserta. Manfaat lainnya membangun rasa kebangsaan yang luar biasa," ungkap Musliar.

Olimpiade ini secara resmi dibuka secara simbolis dengan membunyikan angklung secara serempak yang dilakukan Wamendikbud, Aher, dan beberapa orang lainnya.
(B.98)**