E-PAPER
ARSIP
kabar bandung
Senin, 29 april 2013 00:36 WIB

DPPK Rekrut Relawan Pemadam Kebakaran

Jumlah Petugas Tidak Ideal

JLN. JAKARTA (GM) - Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung membentuk Satuan Relawan Kebakaran (Satwankar) yang anggotanya dari masyarakat. Hal ini dilakukan karena jumlah personel petugas pemadam kebakaran sangat tidak ideal.

"Harus diakui jumlah personel petugas kebakaran kita sangat minim. Oleh karena itu, kita merekrut 15 orang relawan untuk setiap kecamatan," ujar Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada usai Pelatihan Satuan Relawan Kebakaran (Satwankar) di GOR Bandung, Jln. Jakarta, Minggu (28/4).

Jumlah Satwankar yang dilantik sebanyak 2.265 orang. Mereka berasal dari 151 kelurahan. Masing-masing kelurahan memiliki 15 anggota.

Untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), Dada menginstruksikan kepala DPPK agar menyelenggarakan pelatihan bagi relawan. "Jka langsung terjun ke lapangan tanpa dilatih dulu akan membahayakan mereka," ungkapnya.

Dengan keberadaan relawan ini, maka Pemkot Bandung akan menyiapkan anggaran tambahan bagi DPPK disesuaikan dengan kebutuhan para relawan. "Ya mereka butuh seragam dan fasilitas lainnya, termasuk honor," katanya.

Tak ideal

Ditemui terpisah, Kepala DPPK Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menjelaskan, saat ini petugas pemadam kebakaran hanya 187 orang. Jumlah itu jauh dari ideal. "Idealnya 570 orang," terangnya.

Ia sangat berharap, Satwankar ini bisa membantu tugas DPPK. Meski demikian ia juga berharap ada tambahan petugas definitif dengan ditunjang skill yang mumpuni.

"Saya sangat berharap, Menteri Pemberdayaan Aparaut negara (Menpan) menambah jumlah petugas pemadam kebakaran yang memiliki skill mumpuni," tambahnya.

Lebih lanjut Hikmat mengatakan, untuk armada saat ini berjumlah 30 unit. Namun jumlah tersebut misih jauh dari ideal yakni 50 unit. "Dari 30 unit armada ini ada beberapa kondisinya yang sudah tua. Jadi untuk penanganan kebakaran, kita mengutamakan kendaraan yang kondisinya masih baru," tandasnya.
(B.111)**