E-PAPER
ARSIP
kabar bandung
Rabu, 15 januari 2014 01:17 WIB

Walkot Hari Ini Umumkan

Kepala Disdik Terpilih Bukan Calon Titipan

MERDEKA (GM) - Setelah kosong sejak pertengahan tahun lalu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memastikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung akan diumumkan, Rabu (15/1) ini. Pejabat yang ditunjuk ini diyakini merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Dalam proses penunjukannya, Emil juga meyakini telah sesuai dengan prosedur yang ada. "Dijamin tidak ada titipan atau intervensi dari pihak lain. Proses ini sudah sesuai," klaim Emil di Bandung, Senin (13/1).

Kendati demikian, Emil enggan untuk menyebutkan nama pejabat yang akan ditunjuknya tersebut. "Tanya langsung ke Ibu Evi (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Bandung) soal namanya siapa," lanjutnya.

Emil mengingatkan, jabatan Kadisdik Kota Bandung memang tidak bersamaan dengan jabatan kepala dinas lainnya. Karena, Pemkot Bandung menginginkan orang yang tepat untuk menduduki jabatan Kadisdik. Meski demikian, baginya posisi kepala dinas ini tidak lebih istimewa dibandingkan jabatan kepala dinas lainnya. Sehingga jika memang kinerja kepala dinas ini kurang baik, maka akan diganti. "Jadi jangan menyakralkan posisi ini (Kepala Dinas Pendidikan)," kata Emil.

Emil menyatakan, nama yang dipilihnya tersebut dianggap telah memenuhi syarat untuk menempati posisi sebagai Kadisdik. Hal itu dilihat dari kredibilitas dan track record sosok Kadisdik yang masih misterius itu.

"Sosok ini yang pasti sudah sesuai. Kredibilitas, hasil wawancara, dan masukan-masukan dari Koalisi Pendidikan Kota Bandung juga menjadi bahan pertimbangan," ujarnya.

Emil berharap pejabat baru ini dapat bekerja lebih baik dari Kadisdik sebelumnya. Terutama dapat menyelesaikan serangkaian masalah yang terus menghantui Disdik dengan pos anggaran yang cukup besar ini. "Sanggup membawa perbaikan, terutama bisa bekerja dengan rengrengan reformasi pendidikan," tandas Emil.

Sementara itu, Koordinator Koalisi Pendidikan Kota Bandung (KPKB) Iwan Hermawan berharap Kadisdik yang dipilih merupakan orang yang direkomendasikan oleh para aktivis pendidikan. Selain itu, yang bersangkutan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki dunia pendidikan di Kota Bandung.

"Harapannya sih, orang yang dipilih adalah nama yang direkomendasikan oleh para aktivis pendidikan. Kalau bukan takutnya orang tersebut tidak paham soal masalah pendidikan di lapangan. Tetapi, kita siap membantu jika orang yang dipilih benar-benar mampu membawa perubahan," kata Iwan.
(B.95/B.98)**