E-PAPER
ARSIP
kabar daerah
Rabu, 02 oktober 2013 01:26 WIB

KPU Belum Keluarkan Zona APK Pileg 2014

SUBANG (GM) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kab. Subang mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera membuat zona pemasangan alat peraga kampanye (APK) Pemilihan Umum Legislatif 2014. Zona itu sangat penting menyusul terbitnya Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 yang melarang sembarang tempat untuk pemasangan APK para calon legislatif.

Ketua Panwaslu, Agus Muslim yang dihubungi wartawan, Selasa (1/10) membenarkan, hingga sekarang belum ada penetapan zona yang semestinya sudah berlaku efektif sejak 22 September lalu.

"Sekarang lihat saja banyak baliho maupun spanduk yang dipasang tanpa aturan dan tidak sesuai sehingga terkesan semrawut. Untuk itu, kami mendesak KPU untuk segera menetapkan zona-zona pemasangan APK," katanya.

Ia mengatakan, Panwaslu hanya berwenang memberikan rekomendasi penertiban kepada KPU terkait pemasangan APK yang menyalahi peraturan. Sementara eksekusi penertiban alat peraga dilakukan KPU bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Oleh karena itu, sebelum peraturan KPU diberlakukan, harus sudah ada penentuan zona, sehingga Panwaslu dapat produktif memberikan rekomendasi pada KPU.

Ketika persoalan ini akan dikorfirmasikan kepada Ketua KPU maupun anggota lainnya, mereka tidak ada di tempat. Termasuk nomor kontaknya, tidak aktif.

Ketua Government Wacht Subang, Eddy Sableng menyayangkan lambatnya ketetapan zona dari KPU. "Ya, mungkin saat ini KPU masih dalam masa transisi tapi itu jangan dijadikan alasan untuk memperlambat penetapan zona APK," katanya.

Sementara Kepala Satpol PP Kab. Subang, Asep Setia Permana menyatakan, pihaknya siap berpartisipasi. "Kalau mengacu pada Perda K3, di seputar kota Subang nyaris semua jalan tidak diperbolehkan," ujarnya.
(B.76)**