E-PAPER
ARSIP
otomotif
Selasa, 26 maret 2013 01:13 WIB

PT Toyota Astra Motor

Luncurkan Etios Valco

Dalam rangka memperkuat dominasi diseluruh segmen industri otomotif, PT Toyota Astra Motor meluncurkan Toyota Etios Valco sebagai produk terbarunya.

Deputy Division Head Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy mengatakan, Toyota Etios Valco hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar akan kendaraan city car berstandar kualitas global dan bernilai fungsi tinggi.

Menurutnya, Toyota Etios Valco disiapkan secara matang dengan memperhitungkan seluruh aspek kenyamanan, keamanan, fungsi dan ekonomi.

"Toyota senantiasa berupaya memenuhi permintaan pasar, termasuk mengikuti kebutuhan dan selera pasar yang lebih tinggi dan terus berkembang," jelas Anton kepada wartawan disela acara peluncuran Toyota Etios Valco di Trans Hotel Studio akhir pekan lalu.

Dipaparkannya, Toyota Etios Valco akan diproduksi di Indonesia di bawang PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Produksi Toyota Etios Valco akan dilakukan di plant baru Toyota Karawang yang menjadi salah satu bentuk komitment investasi toyota di Indonesia.

Nama Ethios sendiri berasal dari kata Ethos yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya memiliki semangat, karakter dan ideal. Sedangkan Valco berasal dari kata Falcon yang dalam bahasa Italai berarti elang.

"Toyota Etios Valco merupakan city car di segmen hatchback yang secara khusus di desain untuk memiliki strong functional value terlengkap di kelasnya dan akan melengkapi produk line up di segmen ini, khususnya diantara Toyota Agya dan Toyota Yaris," katanya.

Toyota Etios Valco hadir dalam beberapa varian seperti halnya type J, E, dan G. Dimana toyota Etios Valco ditawarkan dengan harga sekitar Rp 137 juta.

Dikatakan Anton, Etios Valco termasuk dalam kelas sedan hatchback. Pihaknya berharap kehadiran Etios Valco dapat memberikan kontribusi cukup besar terhadap penjualan Toyota, targetnya 4 persen dari total proyeksi penjualan Toyota tahun ini. "Targetnya penjualan Ethios Valco ini bisa mencapai sebanyak 2 ribu unit per bulan," katanya.

"Pihaknya yakin Ethios Valco bisa memperoleh respon positif masyarakat. Apalagi dalam 3 tahun terakhir ini pasar hatchback menunjukkan pertumbuhan luar biasa, yaitu 175 persen. Pada 2009, penjualan hatchback sebanyak 42.866 unit. "Pada 2012, jumlahnya naik menjadi 118.244 unit," paparnya.

Sementara itu, menurut Adrian Noor, Operation Manager AUTO 2000, main dealer PT TAM wilayah Jabar, untuk wilayah Jawa Barat pihaknya memproyeksikan penjualan Etios Valco bisa mencapai sebanyak 250-300 unit per bulan. Khusus Bandung, tambah dia, akan membidik angka 30 persen total penjualan hatchback. "Selama ini penjualan seluruh merek pada segmen hatchback di Bandung sekitar 300-350 unit per bulan," katanya.

Menurutnya, optimis penjualan Ethios Valco bisa mencapai target, seiring dengan tingginya minat masyarakat Jabar terhadap produk terbaru Toyota.
(agus hermawan/"GM")**