E-PAPER
ARSIP
kabar padalarang
Jumat, 04 oktober 2013 00:28 WIB

P2WKSS Berpeluang Menjadi Juara

SAGULING (GM) - Kelompok Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Kp. Cikentit/Babakan Kersen, Desa Saguling, Kec. Saguling berpeluang besar memenangkan lomba P2WKSS tingkat Jawa Barat. P2WKSS merupakan program terpadu lintas sektoral dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kualitas hidup masyarakat, baik fisik maupun nonfisik.

Besarnya peluang wakil Kabupaten Bandung Barat (KBB) tersebut terlihat dari pernyataan tim penilai dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang meninjau lokasi program, Kamis (3/10).

"Yang paling kita soroti sejauh mana perubahan pola hidup dan penerapannya, partisipasi masyarakat serta peningkatan kehidupan perekomiannya. Di sini (Saguling, red) sudah terlihat jelas sejak awal kami melihat," ungkap Ketua Tim Penilai dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana (BP3APKKB) Jawa Barat, Dr. Hj. Neny Kencanawati.

Beberapa perubahan signifikan yang dimaksudkannya antara lain program rehabilitasi rumah. "Secara kasat mata, KBB bisa jadi masuk nominasi calon juara. Tapi kejuaraan bukan tujuan akhir, melainkan hanya cara agar masyarakat bisa dan mau berubah," katanya.

Bupati Bandung Barat, H. Abubakar mengaku senang melihat perubahan besar di Saguling. "Program ini sangat strategis untuk memberdayakan masyarakat. Kami menggelar program ini tiap tahun, menuju keluarga sejahtera," katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan Badan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) KBB, Nur Djulaeha mengatakan, P2WKSS Saguling terdiri atas 100 keluarga binaan dari golongan miskin. Seratus keluarga prasejahtera ini dibina dan mendapat berbagai pelatihan sejak Februari lalu.
(B.84)**