E-PAPER
ARSIP
kabar soreang
Selasa, 02 juli 2013 01:19 WIB

Perbaikan Jalan Sumber Kemacetan

KATAPANG (GM) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kab. Bandung meminta agar perbaikan Jalan Raya Rancaekek bisa diselesaikan pada H-10 Lebaran. Hingga kini pembetonan (rigid) pada lajur Garut menuju Bandung tersebut baru sebagian.

"Jika tidak beres sampai arus mudik nanti sudah dapat dipastikan akan terjadi kemacetan parah. Dalam keadaan lalu lintas normal saja kemacetan sudah lumayan parah," kata Kepala Dishub Kab. Bandung, Teddy Kusdiana di Katapang, Kamis (27/6).

Menurutnya, kemacetan meningkat setiap hari libur, baik Sabtu, Minggu maupun pada liburan sekarang. Teddy memiliki pengalaman sendiri selepas meninjau persiapan arus mudik beberapa hari lalu. Ia ikut terjebak kemacetan di titik pembetonan jalan.

"Saya terjebak macet sampai satu jam. Ini hari biasa, apalagi nanti pada puncak arus mudik dan arus balik Lebaran. Maka dari itu saya meminta Kementerian Pekerjaan Umum untuk mempercepat penyelesaian pembetonan, sehingga ketika arus mudik tidak menjadi sumber kemacetan baru," harapnya.

Dishub Kab. Bandung sudah mengerahkan 10 sampai 20 petugas pengawasan dan pengendailan (wasdal) di sekitar jalan yang dibeton tersebut. Namun keberadaan petugas Dishub dan Satlantas Polres Bandung belum mampu mengatasi kemacetan.

Jalan Raya Rancaekek merupakan jalur mudik selatan menuju kota/kabupaten di Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kemacetan sudah mulai terjadi pada H-7, antrean kendaraan bisa mencapai lebih dari 5 km.
(B.104)**