E-PAPER
ARSIP
kabar bandung
Selasa, 26 februari 2013 00:50 WIB

Aher dan Dede Yusuf Tercecer

Perolehan Suara Rieke dan Yance Ketat di Pantura

SUBANG (GM) - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 5, Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki untuk sementara merajai perolehan suara dari seluruh pasangan lainnya. Setidaknya hal itu berdasarkan penghitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang hingga Senin (25/2) dari sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di 30 kecamatan di Kabupaten Subang.

Dari jumlah suara yang masuk sebanyak 780.564, Rieke-Teten unggul dengan perolehan suara 222.941 (28,5%), diikuti Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar 198.592 suara (25,4%), Dede Yusuf-Lex Laksamana 177.047 (22,6%), Yance-Tatang 159.272 suara (20,4%), dan Dikdik-Toyib 22.712 suara (2,9%).

Rieke-Teten dan pasangan nomor urut 2, Yance-Tatang mendominasi suara di daerah utara (pantura) Subang. Dari jumlah suara di 15 kecamatan yang didominasi pasangan Paten, Rieke-Teten memperoleh suara terbanyak di Daerah Pemilihan (Dapil) 4, yakni Kec. Patokbeusi, Ciasem, dan Blanakan. Disusul Dapil 3 (Kalijati, Pabuaran, Cipeundeuy), Dapil 5 (Purwadadi, Binong, Cikaum), sebagian Dapil 6 (Pamanukan, Pusakajaya), dan Dapil 7 (Pagaden, Cipunagara).

Sementara pasangan nomor 2, Yance-Tatang mendominasi suara di 6 kecamatan dengan suara terbanyak di Dapil 6 (Sukasari, Legonkulon, Pusakanagara) serta Tambakdahan di Dapil 5 dan Cipunagara di Dapil 7.

Suara Yance-Tatang juga mendominasi Kec. Tanjungsiang di daerah selatan Subang. Sementara pasangan nomor 4, Aher-Deddy Mizwar dan pasangan nomor 3, Dede Yusuf-Lex Laksamana unggul di daerah selatan dan tengah Subang, yaitu Dapil 1 dan Dapil 2. Suara Aher-Deddy paling banyak diperoleh di Kecamatan Subang dan Cijambe (Dapil 1) serta Kec. Ciater, Cisalak, dan Kasomalang (Dapil 2). Sementara suara Dede-Lex unggul di Kec. Sagalaherang dan Jalancagak (Dapil 2).

Kasubbag Teknis dan Humas KPU Kabupaten Subang, Dedi Suryadi mengungkapkan, rekapitulasi perolehan suara sementara tersebut berdasarkan laporan dari setiap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Data perolehan suara masih sementara. Puncaknya pada penghitungan riil pada 2 Maret nanti," ujarnya di kantor KPU Subang kemarin.
(B.76)**