E-PAPER
ARSIP
gala sport
Senin, 09 september 2013 00:18 WIB

Persebaya Surabaya dan Perseru Serui Lolos ISL

BLK. FACTORY (GM) - Persebaya Surabaya dan Perseru Serui memastikan lolos ke Indonesia Super League (ISL) musim 2013/2014. Kepastian ini setelah "Bajul Ijo" julukan Persebaya membungkam Persikabo Bogor dengan skor 4-1 di semifinal Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (8/9).

Sedangkan Perseru Serui membungkam tim "Macan Putih" Persik Kediri 7-6 melalui adu penalti, setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal dan ekstra time 2x15.

Kemenangan dramatis yang diraih tim dengan julukan "Kuda Laut Orange" ini, semakin mentasbihkan Papua sebagai kiblat sepak bola di Tanah Air. Tim "Kuda Laut Orange" ini merupakan tim kelima yang tampil di ISL, setelah Persipura Jayapura, Persiwa Wamena, Persidafon Dafonsoro, dan Persiram Raja Ampat.

Di awal laga Persebaya dengan Persikabo awalnya berjalan seru. Kedua tim silih berganti melancarkan serangan. Persebaya mampu membuka keunggulannya 1-0 melalui tendangan bebas Srdan Lopicic menit 34. Tertinggal "Laskar Pajajaran" berusaha mengejar, tetapi skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Persebaya menggandakan skor menjadi 2-0 di menit 54 berkat sentuhan Lopicic setelah meneruskan umpan matang dari Jean Paul Boumsong. Selang tiga menit kemudian, Boumsong ikut mencetak gol, skor pun berubah menjadi 3-0 untuk anak asuh Tony Ho. Menit 79, Persebaya semakin digdaya setelah Boumsong melesakkan gol keduanya lewat eksekusi penalti. Skor pun berubah 4-0. Proses penalti terjadi setelah Boumsong dilanggar oleh kiper Persikabo.

Menit 90, Persikabo mendapat gol hiburan sekaligus memperkecil ketinggal menjadi 1-4, lewat penalti Alejandro Tobar.

Dengan kemenangan ini Persebaya dan Perseru Serui berhak melaju ke final Divisi Utama, Sabtu (14/9) mendatang. Sedangkan Persikabo dan Persik Kediri masih berpeluang lolos ke ISL bila mampu meraih tempat ketiga, atau menang play off dengan peringkat 15 ISL.
(B.34/net)**