E-PAPER
ARSIP
kabar daerah
Senin, 26 november 2012 01:13 WIB

Petugas Linmas Harus Tanggap Bencana

SUKABUMI (GM) - Sedikitnya 94 petugas perlindungan masyarakat (linmas) akan mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) yang digelar kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Kab. Sukabumi bersama Kodim 0622 Kab. Sukabumi, Senin (26/11) - Jumat (30/11). Mereka akan diberi pembekalan materi dan teknik penanganan bencana.

Kepala Kantor Kesbang dan Linmas Kab. Sukabumi, Mokh. Yusuf kepada "GM" mengungkapkan, secara bertahap petugas linmas di wilayah harus memperoleh pembinaan berupa pendidikan dan pelatihan tentang kedisplinan, bela negara, dan perananan dalam pengamanan di wilayah. "Peranan lain yang tak kalah penting lainnya di lingkungan masyarakat, yakni bagaimana melakukan penanganan bila terjadi bencana," katanya, Minggu (25/11).

Karena itu tahun ini, Kesebang Linmas Kab. Sukabumi merekrut peserta diklat yang diikuti 94 petugas linmas perwakilan wilayah di 47 kecamatan di Kab. Sukabumi. "Adapun diklat kita selenggarakan bekerja sama dengan Kodim 0622 Kab. Sukabumi," katanya.

Secara terpisah, Dandim 0622 Kab. Sukabumi, Letkol Inf. Pipin Pirmansyah kepada "GM" mengungkapkan, para peserta linmas yang mengikuti diklat akan dibekali ilmu bela negara serta melakukan pengamanan di wilayah. "Selain itu, mereka akan dibekali pula bagaimana melakukan tanggap darurat penanganan bencana," katanya.

Menurutnya, petugas linmas pun dapat ikut dalam melakukan tangkap darurat penanganan bencana.
(B.118)**