E-PAPER
ARSIP
kabar utama
Kamis, 23 mei 2013 01:03 WIB

PPK Tuntas Lakukan Rekap Pilkada KBB

BATUJAJAR (GM) - Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK), dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kab. Bandung Barat (KBB) 2013, tuntas dilaksanakan di 16 PPK wilayah KBB.

Secara serempak sekitar pukul 14.00 WIB, PPK melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dengan melibatkan PPS dan saksi dari masing-masing pasangan calon.

"Hari ini (kemarin, red) memasuki agenda rekapitulasi di tingkat PPK. Saya sudah melakukan pemantauan ke PPK Cipeundeuy, Cikalong, Padalarang, dan terakhir di Batujajar. Semua kegiatan berjalan lancar," kata Komisioner KPU KBB, Aros Sjaepermana saat melakukan monitoring ke kantor Kec. Batujajar,

Masih menurut Aros yang juga Ketua Pokja Logistik Pilbup KPU KBB, kegiatan rekapitulasi di tingkat PPK dijadwalkan pada Rabu (22/5) dan Kamis (23/5). Namun pada prinsipnya, 16 PPK sudah dapat menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Rabu (22/5).

"Besok (hari ini, red) petugas PPK akan menyerahkan hasil rekapitulasi ke KPU, dan Jumat (24/5) KPU akan melakukan pleno," ujarnya.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada KBB 2013-2018 yang dilakukan KPU KBB, akan diawali dengan laporan PPK atas rekapitulasi penghitungan suara yang kemudian ditindaklanjuti dengan penetapan hasil perolehan suara.

"Setelah itu, KPU akan menetapkan pasangan calon terpilih berdasarkan penetapan hasil perolehan suara," katanya.

Dari pemantauan "GM" di Kec. Batujajar, petugas PPK Kec. Batujajar memulai kegiatan rekapitulasi dengan mendengarkan laporan dari 7 PPS atas hasil penghitungan suara dari 5 pasangan calon, Panji-Kusna (Padi), Aep Nurdin-H. Kosasih (Asih), Djamu Kertabudhi-Agus Yasmin (Berjaya), Hj. Erni Ernawan-Samsul Maarif (Esa), dan H. Abubakar-H. Yayat T. Soemitra (Berbuat).

"Rekap sudah kita lakukan dengan tingkat partisipasi masyarakat mencapai 67%. Hasil rekap ini akan segera kita kirimkan ke KPU untuk dilakukan pleno pada Jumat (24/5)," kata Ketua PPK Batujajar, Sutaryat Kusmayana,

Menurutnya, pada dasarnya kegiatan rekapitulasi yang dilakukan berjalan lancar, namun sebelumnya ada beberapa koreksi dari saksi sehubungan dengan adanya kesalahan penulisan.

"Tadi ada kesalahan penulisan untuk pasangan calon nomor 4 yang ditulis 32, seharunya 23. Kemudian ada beberapa koreksi lainnya yang langsung bisa diklarifikasi pada saat itu juga," katanya.

Mendominasi

Sementara itu, berdasarkan hasil raihan suara di Kec. Batujajar, pasangan H. Abubakar-H. Yayat T. Soemitra mendominasi perolehan suara, dengan 19.593 suara. Sedangkan pasangan Esa mendapat 9.010 suara, Asih 6.284 suara, Berjaya 5.749 suara, dan pasangan Padi memperoleh 1.537 suara. Secara umum pasangan H. Abubakar-H. Yayat T. Soemitra mendominasi raihan di 16 kecamatan.

Keunggulan pasangan Berbuat mulai dipastikan tim sukses melalui SMS real quick count pada saat pemungutan suara, Minggu (19/5). Berdasarkan hasil penghitungan cepat tersebut, pasangan H. Abubakar-H. Yayat mendapat 52,09% suara dukungan. Sementara pasangan Hj. Erni Ernawan-Samsul Maarif (Esa) berada di urutan dua dengan raihan suara 19,79%, diikuti Aep Nurdin-Kosasih 13,05%, Djamu Kertabudih-Agus Yasmin 12,10%, dan Panji Tirtayasa-Kusna 2,97%.

Dipastikan hasil penghitungan manual yang dilakukan KPU KBB tidak akan jauh berbeda dengan penghitungan cepat yang dilakukan tim sukes.
(B.68)**