E-PAPER
ARSIP
kabar soreang
Jumat, 07 september 2012 01:01 WIB

Jelang Pemilukada Jawa Barat

PPL Dilarang Berpihak

MARGAASIH (GM) - Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dari lima kecamatan di Kabupaten Bandung dilantik secara resmi oleh Panwas Pemilu Kecamatan (Panwascam) masing-masing, Kamis (6/9). Kelima kecamatan itu adalah Margaasih, Katapang, Solokanjeruk, Pasirjambu, dan Dayeuhkolot.

Kelima kecamatan yang telah melaksanakan pelantikan petugas PPL tersebut diminta untuk segera melaksanakan tugas sesuai dengan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang telah berjalan. Salah satunya verifikasi yang kini telah berada dan sedang ditangani KPUD.

Menurut anggota Panwas Kabupaten Bandung Ari Heryanto, PPL merupakan pengawas yang berada di tingkat paling bawah karena bertugas di desa dan kelurahan. Karena itu, katanya, sebagai bagian dari penyelenggara pemilu yang diatur dalam UU No. 15 Tahun 2011, PPL merupakan ujung tombak.

"Kita ketahui tugas Panwascam yang demikian banyak itu salah satunya adalah rekrutmen PPL. Untuk itu dengan telah dilantik dan diambil sumpahnya, PPL harus segera melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksi masing-masing. Saya mengharapkan PPL dapat mengemban amanat dengan tidak berpihak dan tetap memegang teguh netralitas dalam pelaksanaan pemilukada," papar Ari.

Sementara itu, Ketua Panwascam Margaasih, Bagja Sukmana mengatakan, pengawasan terhadap tahapan pilgub akan senantiasa diutamakan. Apalagi dengan telah terbentuknya PPL. Dengan begitu, pengawasan akan semakin kuat karena kinerja PPL yang telah dilantik tersebut.

"Kami yakin, pengawasan ini akan semakin kuat. Karena itulah sesuai petunjuk Panwaskab, PPL harus segera dilantik agar seluruh tahapan di tingkat atas sampai ke tingkat desa dan kelurahan dapat dilaksanakan dengan baik," paparnya.

Hal senada diungkapakan Ketua Panwascam Katapang, Wawan Juana. Dia mengaku, kegiatan PPL mulai padat seiring dengan verifikasi yang telah berjalan. Namun pihaknya tetap masih menunggu petunjuk dari panwaskab.
(B.110)**