E-PAPER
ARSIP
gala sport
Kamis, 18 juli 2013 00:33 WIB

Suratin dan Haornas

PSSI KBB Akan Siapkan Tim

PADALARANG (GM) - Pengcab PSSI Kab. Bandung Barat (KBB) akan mempersiapkan pelaksanaan Liga Remaja Piala Suratin U-17 dan Haornas U-15 2013. Selain itu, kegiatan pra-kompetisi korwil untuk seleksi klub anggota Pengcab PSSI KBB menjadi program yang akan segera dilaksanakan.

"Kita akan mematangkan program ini setelah Lebaran. Diperkirakan pelaksanaannya bulan September," kata Ketua PSSI KBB, Entis Sutisna didampingi Bidang Pertandingan dan Kompetisi, Oman Rohman, Rabu (17/7).

Menurut Entis, terkait persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya sedang mempertimbangkan apakah pelaksanaan pertandingan U-17 dan U-15 disatukan atau dilakukan per kelompok. "Ini merupakan persoalan teknis dan akan dibahas nanti bagaimana baiknya," ujarnya.

Dengan digelarnya pertandingan ini, tambahnya, diharapkan akan mendorong prestasi sepak bola KBB di setiap ajang turnamen, baik Suratin maupun Haornas. Sebab itu, pihaknya menitikberatkan pada pola-pola pembinaan. "Prestasi itu 'kan hasil dari proses pembinaan. Nah prosesnya sendiri sedang kita tempuh," tegasnya.

Sementara itu, terkait dengan rencana pra-kompetisi di tingkat korwil untuk seleksi klub anggota Pengcab PSSI, Entis menegaskan, kegiatan itu sangat penting untuk mengisi klub di Divisi II yang mengalami degradasi. "Karena tidak ada klub pengganti, jadi untuk di Divisi II ini perlu disiapkan melalui pra-kompetisi yang digelar korwil," ujarnya.

Ekpat Korwil akan menggelar pra-kompetisi. Dua tim yang lolos dalam pra-kompetisi yang dilaksanakan korwil akan dipertandingkan di tingkat Pengcab PSSI. "Kemudian dua tim yang menjadi juara 1 dan 2 dalam kompetisi di tingkat Pengcab PSSI, nantinya akan mengisi klub yang mengalami degradasi di Divisi II," katanya.

Diakui Entis, mekanisme kompetisi intern Pengcab PSSI seharusnya memang promosi dan degradasi. Sehubungan dengan degradasi ini, persoalan berada di Divisi II karena belum ada klub yang disiapkan untuk mengisi klub yang mengalami degradasi. "Ke depan kita harapkan mekanisme degradasi di Divisi II ini bisa berjalan, karena klub penggantinya sudah disiapkan," ujarnya.
(B.68)**