E-PAPER
ARSIP
gala sport
Jumat, 11 januari 2013 01:22 WIB

Direspons Positif AFC

PSSI Lanjutkan Penyatuan Liga

JAKARTA (GM) - PSSI telah bertemu dengan Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Zhang Jilong, Kamis (10/1) sore untuk membahas upaya terkait penyatuan liga dan timnas. PSSI mengaku mendapat respons positif dan dukungan penuh AFC, termasuk dalam hal melakukan panggilan pemain ke timnas.

Pertemuan dilakukan di kantor KOI, Senayan, Jakarta. Dari PSSI hadir langsung Ketua Umum PSSI Djohar Arifin, Sekjen PSSI Halim Mahfudz, anggota Exco Sihar Sitorus dan Bob Hippy. Dengan dimediasi Ketua KOI Rita Subowo, mereka bertemu Ketua AFC Zhang Jilong. Pertemuan tersebut berlangsung tertutup.

"Hasil pertemuan tadi, kami menyampaikan langkah-langkah yang sudah kami lakukan untuk penyatuan liga, timnas. Mereka pun mengatakan penguatan dari pemerintah agar melaksanakan power PSSI yang ada dikeluarkan sekarang," ujar Djohar usai pertemuan.

AFC, kata Djohar, memberikan sambutan positif atas laporan tersebut. AFC pun menegaskan bakal tetap mengakui PSSI sebagai federasi resmi sepak bola Indonesia.

"AFC tetap menyokong dan mengakui PSSI. Mereka meminta kepada PSSI untuk tetap melakukan upaya-upaya tersebut. AFC akan menunggu laporan dari kami agar klub-klub mau ikut kompetisi yang berada di bawah PSSI. Otomatis mereka akan berada di bawah kontrol FIFA," katanya.

"Kami akan mempersiapkan langkah selanjutnya. Memanggil klub-klub kembali, juga pemain untuk bergabung ke timnas. Tentu akan ada sanksi jika mereka tidak mematuhinya. Sanksi itu sudah ada di AFC," paparnya.

Djohar menambahkan, meski pertemuan dihadiri oleh Ketua Task Force Rita Subowo, AFC tidak mengenal Task Force. Sebab menurutnya, kehadiran Rita Subowo hanya sebagai mediator. "Ibu Rita hanya sebagai Ketua KOI. Dia hanya memfasilitasi. Task Force itu tidak dikenal AFC dan FIFA," simpulnya.
(B.34/detiksports)**