E-PAPER
ARSIP
shopping
Jumat, 26 juli 2013 01:37 WIB

Nanutz Mania

Racik Seblak Nyere Instan

DULU cemilan seblak hanya merupakan makanan pelengkap ketika orang Sunda sedang botram (makan secara bersama-sama, red) di dalam sebuah keluarga. Sebab, seblak ini berasal dari tanag Sunda dan menjadi cemilan khas Parahyangan.

Makanan ringan seblak ini kembali ngetren dan digemari berbagai kalangan dari usia muda hingga orang tua pada tahun 2012. Bahkan cemilan ini mudah sekali didapat, karena banyak dijual hampir di setiap daerah Kota Bandung.

Sejalan dengan perkembangan kuliner, khususnya di Kota Bandung seblak pun mengalami banyak perubahan atau di modifikasi dengan bahan-bahan cemilan lainnya. Namun, sayang banyak orang yang kurang menggunakan khas rempah atau bumbu utama seblak, sehingga rasa seblak yang aslinya kurang berasa. Sekarang khas ulekan seblak, yaitu dari cikur (kencur) disatukan dengan kerupuk, dan populer dengan sebutan Kerupuk Seblak.

Padahal orang dulu menyebut seblak itu sambal atau penyet dan pecel, bukan kerupuk, seperti halnya orang jika menyebut pecel, maka identik dengan pecel lele, pecel bebek atau penyet gepuk dan ayam penyet.

Seiring dengan perkembangan jaman, Nanutz Mania (Indonesia Snack Familiy), kini kembali mencoba mempopulerkan seblak dengan memodernisasikan dan menginovasikannya. Seblak yang diracik atau dibuat Nanutz Mania adalah "Sebalak Nyere".

Menurut CEO Nanutz Corp, Riza Rizki Adhiyaksa, nyere berarti lidi yang terbuat dari bahan mie dengan khas produk utamanya, yaitu Mih Nyere (Mie Lidi).

Nanutz Mania, kata Riza, tetap konsisten untuk mengangkat tema dari produk utamanya yang diberi nama "Seblak Nyere Instan" dengan toping siomay kering, bakso goreng dan kerupuk seblak, serta dengan inovasi Instan, yakni dikemas dengan menggunakan cup anti panas dan bumbu diracik melalu proses pengeringan (sangrai, Sunda), sehingga Seblak Nyere Instan dapat disajikan seperti Mie yang dikemas dan diberi bumbu kering serta tinggal diseduh.

Dengan dicampur toping dan bumbu yang sudah disediakan, maka cukup diberi air panas dan didiamkan selama 5 menit, maka sudah bisa disantap.

Seblak Nyere Instan kata Riza, dapat disajikan secara mudah dan cepat dan dapat dibawa kemana saja, karena ukurun kemasan yang Mungil & ekonomis. Seblak Nyere Instan Nanutz Mania cepat dan mudah.

"Seblak Nyere Instan yang kami ciptakan dapat menginpirasi insan kuliner agar lebih kreatif, inovatif dan variatif. Semoga produk yang kami ciptakan dapat menembus pasar global dan tidak hanya didistribusikan diJawa Barat, tetapi bisa dinikmati oleh semua yang ingin mencobanya," kata Riza.
(rusyandi/"GM")**