E-PAPER
ARSIP
gala sport
Selasa, 16 april 2013 01:10 WIB

RAT KONI Jabar Tentukan Cabor Porda Bekasi

PAJAJARAN (GM) - Keinginan KONI Bekasi terkait cabor yang akan dipertandingkan dalam Porda XII Bekasi 2014 belum pasti dan hanya sebatas pengajuan. Sebab untuk cabor yang dipertandingkan dalam Porda akan ditentukan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jabar.

Dari 43 cabor yang ada, KONI Bekasi tidak akan mempertandingkan 6 cabor dalam Porda nanti dengan alasan belum ada pengcabnya. Keenam cabor tersebut aerosport, berkuda, boling, sofbol dan bisbol serta layar dan hoki.

Wasekum KONI Jabar, Lili Rolina kepada "GM" belum lama ini mengatakan, tidak dipertandingkannya 6 cabor tersebut dalam Porda Bekasi hanya sebatas pengajuan KONI Bekasi. Sebab kepastian cabor apa saja yang dipertandingkan akan diputuskan dalam RAT KONI Jabar.

"Kita akan gelar RAT dalam waktu dekat. Semua dipastikan di sana, termasuk cabor apa saja yang akan dipertandingkan dalam Porda nanti," katanya.

Menurut Lili, dalam olahraga semuanya harus sportif. Karenanya bukan berarti tidak mempunyai pengcab, lalu cabor tersebut tak dipertandingkan dan menutup prestasi lain.

"Bukan berarti tidak punya pengcab harus menutupi prestasi lain. Apalagi cabor-cabor tersebut dipertandingkan dalam PON," ujarnya.

Sebelumnya, KONI Kab. Bandung akan memperjuangkan 6 cabor yang tidak dipertandingkan dalam Porda XII Bekasi 2014 agar dipertandingkan. Sebab dari 6 cabor tersebut Kab. Bandung berpeluang mendulang 8 emas.

"Jika tidak dipertandingkan, peluang kita meraih 8 emas di cabor-cabor tersebut hilang. Peluangnya dari hoki, bisbol dan sofbol 4 emas, boling 3 emas dan aerosport 1 emas," kata Ketua KONI Kab. Bandung, Hilman Sukirman kepada "GM" di sela-sela Rakor KONI Kab Bandung di Hotel Antik Soreang, Kab. Bandung, beberapa waktu lalu.

Menurut Hilman, jika alasan tuan rumah tidak mempertandingkan cabor itu karena tidak ada pengcab atau sarananya, hal ini bisa dimulai dari sekarang.

Dituturkan Hilman, keinginan 6 cabor tersebut dipertandingkan tentunya bukan keinginan Kab. Bandung saja. Sebab daerah lain pun akan kehilangan peluang emas.

"Misalkan untuk boling, peluang kita kehilangan emas 3 keping. Tapi di boling itu ada 8 emas, berarti daerah lain pun kehilangan peluang meraih emas," ujarnya.

Untuk memperjuangkan ke-6 cabor ini agar dipertandingkan dalam Porda, Hilman mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat dulu dengan cabor-cabor tersebut. Setelah itu pihaknya akan segera berkoordinasi dengan KONI Jabar.
(B.97)**