E-PAPER
ARSIP
gala sport
Sabtu, 13 april 2013 01:12 WIB

KRAPSI Bank Jabar III

Ricky Rebut Emas Nomor 400 Gaya Bebas

SETIABUDHI (GM) - Perenang putra Kota Bandung, Ricky Anggawidjaja merebut medali emas nomor 400 meter gaya bebas putra kelompok senior dengan catatan waktu 4 menit 15,46 detik pada Kejuaraan Renang Antar-kota dan Kabupaten Piala Gubernur Jabar IV dan Kejuaraan Terbuka Antarperkumpulan Renang Se-Indonesia (KRAPSI) Bank Jabar III di Kolam Renang Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jln. Setiabudhi, Bandung, Jumat (12/4).

Posisi kedua dan ketiga berturut-turut ditempati Ilham Auliansyah (Kota Bandung) dengan 4 menit 18,89 detik, dan M. Mahadytia (Kab. Bandung Barat) dengan 4 menit 52,24 detik.

Di kejuaraan yang sama Ricky kembali menyabet emas di nomor 200 Meter gaya punggung KU I/senior putra. Ia mencatatkan waktu 2 menit 11,83 detik. Sementara itu Muhammad Adha Fahruzi asal Kota Depok hanya terpaut 47,31 detik dan menempati posisi kedua (2 menit 59,59 detik.

Hasil pertandingan lainnya di nomor 400 meter gaya bebas KU I/senior putri, emas diraih Monalisa Arieswaty (Kota Bandung) dengan 4 menit 46,34 detik, perak Reviana Aulia (Kab. Bandung/5 menit 0,11 detik), dan perunggu Risa Andriani (Kab. Bandung/5 menit 9,49 detik).

Pada nomor 400 meter gaya bebas KU-II putra, Edward Farand Wijaya (Kab. Bandung) mendulang emas dengan catatan waktu 4 menit 31,44 detik, perak diraih Fatihan Rafsanjani (Kab.Bandung/4 menit 42,26 detik), dan perunggu milik Achmad Ilman (Kab. Bandung/4 menit 48,23 detik).

Untuk 400 meter gaya bebas KU-II putri, emas disabet Fiona Riyadi (Kab. Bandung/4 menit 56,47 detik), diikuti Jannifer G.T (Kota Bandung/5 menit 2,45 detik) dan Amelia Tasya Budiyana (Kab. Tasikmalaya/5 menit 35,15 detik).

Ajang seleksi

Dua kejuaraan yang diikuti 650 atlet dari 58 perkumpulan renang se-Indonesia di 22 kota dan kabupaten se-Jabar ini dijadikan sebagai ajang seleksi oleh tim peserta untuk Porda 2014 Bekasi.

"Kejuaraan ini memang kami proyeksikan untuk seleksi Porda. Jadi, hasil kejuaraan ini akan kami ranking untuk selanjutnya dipilih akan mewakili Jawa Barat," ujar Sekretaris Umum Pengda PRSI Jawa Barat, Verdia Yosef kepada wartawan di sela-sela acara, kemarin.

Dikatakan Yosef, pihaknya akan terus melakukan terobosan, salah satunya dengan menggelar kejuaraan tingkat ASEAN. Dia menargetkan tahun depan kejuaraan tingkat ASEAN itu bisa terlaksana.

"Mudah-mudah tahun depan kita sudah dapat anggarannya jadi bisa langsung di selenggarakan. Nantinya, kami akan undang negara-negara lain seperti Singapura, Malaysia dan yang lainnya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua II KONI Jawa Barat, Yudha M. Saputra yang membuka secara resmi kejuaraan tersebut menuturkan, para atlet yang berpartisipasi diharapkan bisa menunjukkan prestasi yang terbaik. Bahkan, prestasi itu bisa berlanjut hingga ajang-ajang lainnya, salah satunya Porda.

"Sudah seharusnya kompetisi dilakukan secara periodik dan hal itu harus dipelihara, supaya dapat membantu dan lihat hasil pembinaan yang sudah dilakukan. KONI Jabar berharap bisa mencetak rekor-rekor baru, bukan hanya rekor di kejuaraan itu sendiri, tetapi rekor nasional dan Asia," katanya.
(B.113)**