E-PAPER
ARSIP
kabar daerah
Rabu, 03 juli 2013 00:45 WIB

Rp 2,34 M dari Dahana untuk Pengusaha Kecil

SUBANG (GM) - PT Dahana, perusahaan milik negara yang berkecimpung di bidang industri bahan peledak di Sadawarna, Kec. Cibogo, Kab. Subang, ternyata sangat peduli terhadap lingkungan. Mereka melakukannya dengan menyelenggarakan khitanan massal, bantuan pernikahan, sembako, dan pengobatan. Termasuk menyalurkan bantuan dana sebagai program kemitraan dengan pengusaha kecil dan koperasi.

"Jumlah pinjaman lunak yang telah digulirkan mencapai Rp 2,34 miliar dengan pengusaha kecil dan koperasi sebanyak 306 unit," kata Direktur Keuangan dan SDM PT Dahana, Susilo Hertanto saat menerima kunjugan anggota Komisi XI DPR-RI, Linda Megawati, sekaligus silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan warga desa sekitar perusahaan, Selasa (2/7).

Bahkan untuk kontribusi PBB dan pajak lainnya PT Dahana secara langsung telah menggelontorkan dana sekitar Rp 7,50 miliar kepada pemerintah daerah sejak kantor pusat PT Dahana pindah ke Subang, Agustus 2012.

Susilo didampingi Dirtekbang, Bambang Agung menjelaskan, kedatangan anggota DPR-RI, sekaligus bersilaturahmi dengan warga yang dipusatkan di zona nursery kawasan energetic material center. Tujuannya guna mendekatkan PT Dahana secara institusi dengan masyarakat sekitar, termasuk unsur muspida dan muspika.

"Perusahaan ini hadir di Subang untuk tumbuh bersama masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan kiprah yang terus dilakukan Dahana selama ini. Seperti program pemberdayaan tenaga kerja yang direkrut dari Subang, kemitraan dengan pengusaha kecil dan program bina lingkungan. Dari jumlah 994 pekerja, banyak yang direkrut dari Subang," terang Susilo.

Untuk itu, pihaknya sangat berharap ada sinergi dari semua unsur dalam menjaga objek vital nasional tersebut. Apalagi PT Dahana sudah menjadi ikon baru Subang dan mendapat penghargaan platinum untuk bangunan baru karena mengusung green concept. Penghargaan diserahkan GBCI atau Green Building Council Indonesia, juara pertama untuk gedung hemat energi, terbaik ke-3 tingkat ASIA dari Futurearc BCI, dan runner-up ASEAN Energy Award kategori New and Existing Building.

"Kita juga mendapatkan 3 penghargaan dari Kementerian BUMN untuk The Best Product Innovation of Manufacture Sector, The Best Innovation of Green Product, dan The Best Corporte Innovation Culture and Management (Silver Level). Pencapaian prestasi tersebut bukan hanya milik Dahana, namun milik masyarakat Kab. Subang," jelasnya.

Pada kesempatan itu, PT Dahana memberikan paket bahan pokok kepada perwakilan warga sekaligus menandai diadakannya pasar murah Dahana Peduli 2013.
(B.76)**