E-PAPER
ARSIP
kabar utama
Minggu, 26 mei 2013 00:38 WIB

Fatin Shidqia Lubis

Sang Fenomena X Factor

FATIN Shidqia Lubis menjadi pemenang "X Factor Indonesia 2013". Perjalanan panjang selama enam bulan X Factor, berakhir manis bagi remaja berusia 16 tahun ini.

Nama Fatin mendadak populer sejak kemunculannya pada masa audisi X Factor Indonesia. Gadis berkerudung tersebut berhasil mencuri perhatian publik sejak video "Grenade"-nya diunggah di situs berbagi video Youtube dan mendapat apresiasi membanggakan. Berkat suaranya yang unik, Fatin menjadi fenomena di usianya yang belia. Meski belum menjadi bintang, Fatin sudah mempunyai fans yang menamakan diri "Fatinistic".

Fatin cerita, setiap Jumat malam saat ditayangkannya Gala Show X Factor Indonesia, keluarga besar di kampung halamannya Sumatera Utara, menggelar nonton bareng demi melihat penampilannya, meski dengan kondisi yang serba terbatas.

"Kampung Ayah ada di pedalaman Sumatera Utara, pokoknya enggak ada di peta gitu deh. Mereka yang mau nonton TV harus pakai antena yang manjat-manjat atap SD," seloroh Fatin saat berkunjung ke kantor Bintang Online, Selasa (26/3).

Ia merasa terharu dengan kabar yang diterimanya dari kampung halaman sang ayah. Dia tak menyangka sebegitu besarnya dukungan keluarga demi keberhasilannya di ajang talent show asal Inggris ini.

Terutama saat dia mendengar cerita tentang kakeknya yang sedang sakit, bersusah payah pergi ke rumah kerabatnya yang punya pesawat televisi demi melihat penampilan sang cucu di panggung Gala Show X Factor Indonesia. "Opung (kakek) aku pas sakit bela-belain ke tempat saudara buat nonton TV, terus keluarga besar kalau nonton suka pada menangis," ucapnya terharu.

Tidak mudah

Perjuangan Fatin memang tidak mudah bisa menjadi sang pemenang. Banyak perjalanan dan hambatan yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Bahkan untuk dapat bertahan dalam Gala Show X Factor Indonesia, ia harus rela cuti dari sekolahnya untuk sementara waktu hingga semua impiannya tercapai.

Lewat voting kedua X Factor, Fatin hanya berselisih tipis, yakni 51 persen berbanding dengan 49 persen. Berkat kemenangan tersebut, Fatin membawa pulang hadiah Rp 125 juta dan satu unit mobil. Sementara Novita mendapat Rp 100 juta.

Sebelumnya, juri yang anak didiknya tidak masuk ke babak grandfinal sebelumnya ditanyai tentang siapa yang pantas untuk menjadi pemenang. Anggun menjagokan Novita Dewi menjadi juara X Factor Indonesia. Sebaliknya, Ahmad Dhani lebih mengidolakan Fatin. "Buat aku, aku kepingin sekali Novita Dewi menjadi pemenang," ujar Anggun.

Sementara juri lainnya, Ahcmad Dani memihak Fatin dan berharap ia bisa menjadi juara. "Kalau pengalaman saya sebagai musisi, penyanyi seperti Fatin baru kali ini saya ketemu. Menurut saya seharusnya yang menang Fatin," ujar Dhani.

Dalam aksi Jumat (24/5) malam, Novita Dewi membawakan dua lagu. Pada penampilan pertamanya ia menyanyikan lagu "Heart". Di lagu kedua yang berduet dengan pacarnya, Alex Rudiart, mereka menyanyikan lagu "Jus Give Me A Reason" milik Pink n Nate Ruess. Sementara Fatin Shidqia menyanyikan lagu "Well Well Well" dari Duffy. Pada penampilan keduanya, Fatin berkolaborasi dengan Mikha Angelo. Dua sejoli ini menyanyikan lagu "Good Time" milik Owl City berduet dengan Carly Jae Jepsen.

Fatin sendiri punya keinginan yang cukup mulia. Jika terpilih menjadi juara XFI 2013, ia mempunyai cita-cita untuk membanggakan orangtuanya dengan memberangkatkannya ke Tanah Suci. Selain memberangkatkan orangtua umrah, Fatin juga ingin menyenangkan fans yang tergabung dalam Fatinistic jadi agenda yang akan dilakukannya.

"Kalau dapat uang banyak, mau traktir Fatinistic, refreshing jalan-jalan, tapi yang paling utama berangkatkan orangtua umrah karena orangtua sudah daftar," tambah Fatin.
(tri widiyatie/"GM"/berbagai sumber)**