E-PAPER
ARSIP
kabar bandung
Rabu, 24 juli 2013 13:19 WIB

Dalam Rangka Milangkala ke 6

Sundawani Gelar Bakti Sosial

JLN. BLK FACTORY (GM) - Dalam rangka milangkala ke 6, Paguyuban Sundawani menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dan buka bersama anak-anak yatim, di sekretariat paguyuban tersebut di Jln. Reog, Turangga, Kota Bandung.

Kegiatan yang bertajuk "NgaJembarkeun Hate pikeun Mernahkeun Lampah" di gagas langsung oleh ketua umum yang sekaligus pendiri Paguyuban Sundawani Lucky Lesmana. Menurut pria yang akrab disapa Kiki Medfo ini, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh keluarga besar Paguyuban Sundawani di dukung beberapa mitra kerja, beberapa institusi dan pengusaha di Jawa Barat.

"Gelaran ini merupakan awal dari agenda rutin organisasi sebagai wujud kepedulian dan pengabdian seluruh komponen organisasi dalam berperan agar terbentuk dan menjadi sebuah organisasi yang bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat," ujarnya dalam rilis yang dikirim ke klik-galamedia.com, Rabu (24/7).

Katanya, kegiatan sosial yang seperti ini acap kali dipergunakan oleh kepentingn kepentingan yang tidak sesuai tujuan dan faedahnya sehingga timbul persepsi negatif di kalangan masyarakat. "Rasa tidak percaya muncul akibat seringnya kegiatan sosial dijadikan sarana untuk mencari popularitas," ungkapnya

Selain dihadiri oleh tokoh masyarakat, pengusaha dan pejabat di Jawa Barat kegiatan tersebut juga dihadiri oleh seluruh ketua dan pengurus Sundawani di tingkat DPD Kota/Kabupaten, puluhan anak yatim piatu asal kabupaten Bandung yang mendapatkan santunan, bingkisan dan beragam kebutuhan dari para donatur dan mitra kerja Paguyuban Sundawani

Tingkatkan peran
Panitia pelaksana Ferry mengungkapkan bahwa kegiatan bertujuan untuk meningkatkan peran organisasi dibidang sosial juga jalan pembuka kerjasama antara organisasi dengan perusahaan mitra kerja, selain itu untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Kegiatan ini juga kata Ferry memberikan ketegasan tentang fungsi kontrol sosial untuk banyaknya perusahaan yang tidak melaksanakan kewajiban corporate social esponsibility (cSR) terutama perusahaan leasing yang kerap meraup keuntungan tanpa menghiraukan kewajibannya sebagai perusahaan yang harus peka terhadap berbagai kebutuhan masyarakat.

"Selain kurang peka masih banyak perusahaan leasing menghalalkan segala cara dalam meraup keuntungan. Dalam hal ini ke depan kami akan melakukan tindakan dengan berkoordinasi pada institusi yag terkait," tandasnya.

Yayasan Al Mubarokah sebagai salah satu penerima santunan dari daerah nagrak, Kab.Bandung melalui andrian, juru bicara dari yayasan mengungkapkan rasa haru dan bahagia atas ada nya kepedulian dari suatu organisasi masyarakat yang lebih diketahui banyak anggotanya sebagai preman.

"Namun ternyata mereka memiliki kebesaran hati dan sosial tanpa ditunggangi kepentingan apapun. Mereka rela hadir dan berbagi bersama kami walaupun diluar hujan cukup besar," tuturna

Kegiatan yang digelar singkat tersebut bernuansa religi namun dipadukan dengan dekorasi serta alunan pengiring musik khas kebudayaan sunda. kegiatan ditutup dengan tausiyah oleh ustadz Jujun dilanjutkan dengan buka bersama dan pembagian bingkisan dari para donatur yang hadir memadati sekretariat Sundawani walau dalam keadaan diguyur hujan deras. Sehingga kawasan sekretariat paguyuban yang biasanya sepi mendadak menjadi padat sehingga jalur jalan pun di alihkan ke Jln. Karawitan dibantu oleh aparat kepolisan dan komunitas Manglayang. Kegiatan berakhir menjelang sholat tarawih dan ditutup oleh doa bersama untuk kemajuan Jawa Barat.
asd