E-PAPER
ARSIP
gala persib
Rabu, 10 april 2013 00:44 WIB

Dada Berharap Jadi Lautan Prestasi

SUS BLA Siap Dilaunching

M. Fadlillah/GM
WALI Kota Bandung, Dada Rosada melakukan tendangan saat melihat kesiapan Gelora Bandung Lautan Api (BLA) di Gedebage, Kota Bandung, Selasa (9/4). Rencananya Gelora BLA akan di-soft launching pada 28 April 2013.
GEDEBAGE (GM) - Pembangunan Stadion Utama Sepak Bola (SUS) Bandung Lautan Api yang berada di kawasan Gedebage sudah rampung. Rencananya, Pemkot Bandung akan melakukan soft launching pada 29 April 2013. Meski stadion utamanya sudah berdiri, namun masih dibutuhkan lahan sekitar 20 hektare lagi untuk lahan parkir dan taman.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bandung, Dada Rosada saat melakukan penijauan dalam rangka persiapan peresmian atau soft launching SUS BLA akhir April mendatang. Saat peninjauan pada Selasa (10/4), Dada didampingi Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda, Plt. Sekda Kota Bandung, Yossi Irianto, dan pejabat instansi terkait lainnya.

Dikatakan Dada, saat ini pembangunan stadion utama sepak bola sudah rampung 100%. Rencananya, pada akhir April ini akan dilakukan soft launching. "Tadinya kita ingin menghadirkan klub besar, tapi tidak bisa karena rumputnya masih muda. Dengan penyiraman, dalam enam bulan ke depan rumputnya sudah bagus," ujar Dada kepada wartawan.

Fasilitas SUS seluas 24,5 hektare ini, kata Dada, semuanya sesuai standar internasional yang disyaratkan FIFA. Seperti papan skor, rumput, trek atletik yang menggunakan bahan sintetis. "Sedikit pun kita tak akan kurangi fasilitas yang disyaratkan oleh FIFA," tegas Dada,

Meski stadion utama sudah rampung, namun Dada mengakui saat ini masih perlu tambahan lahan lagi sekitar 20 hektare yang akan dipergunakan untuk tempat parkir dan gedung untuk sejumlah cabang olahraga. Karena, stadion ini hanya digunakan untuk pertandingan, sementara untuk latihan bisa menggunakan gedung-gedung yang ada baik indoor maupun outdoor.

"SOR ini berstandar internasional, dan merupakan SUS terbesar kedua setelah Gelora Bung Karno. SUS ini akan menjadi kebanggaan warga Kota Bandung," tandas Dada.

Cetak prestasi

Terkait nama BLA atau Bandung Lautan Api yang akan disematkan pada SUS yang berada di Gedebage ini, Dada berharap dengan nama tersebut akan muncul lautan prestasi. "Baik prestasi bagi Persib, sepak bola di Kota Bandung maupun cabang lainnya. Untuk pretasi olahraga di Jabar, dari 12 kali pelaksanaan Porda sebanyak 11 kali Kota Bandung juara," terang Dada.

SUS BLA ini, dikatakan Dada, akan menjadi kebanggaan warga Kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. "Kami pun menyediakan fasilitas untuk difabel, sebanyak 60 unit kursi roda disiapkan untuk difabel," ungkap Dada.

Habiskan dana Rp 545 M

Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (Distarcip) Kota Bandung, Rusjaf Adimenggala mengatakan, pembangunan SUS di kawasan Gedebage ini mulai dilakukan pada 2009 dengan pengerjaan fisik dilakukan pada awal 2010. "Pengerjaan fisik selesai Maret tahun ini, dan saat ini memang ada finishing untuk ruangan tertentu," tambah Rusjaf.

Dengan luas 24,5 hektare, kata Rusjaf, SUS ini memiliki kapasitas 38.000 kursi penonton. Pembangunan fisik SUS ini menelan biaya Rp 545 miliar, yang terdiri dari Rp 260 miliar berasal dari APBD Kota Bandung dan sisanya dari provinsi. "Peresmian rencanannya dilakukan pada 29 April 2013. Kalau melihat kondisi lapangan, memang siap pakai. Tapi kalau mengacu pada pertandingan, maka harus ada sertifikat laik pakai," tutur Rusjaf sambil menambahkan, untuk itulah pada soft launching belum ada pertandingan.

Meski sudah berdiri, namun fasilitas penunjang SUS yakni area parkir saat ini belum ada. Pada tahun ini, terdapat alokasi anggaran untuk perparkiran dan benteng. "Lahan parkir ini akan disiapkan kurang lebih untuk menampung 50 bus, 2.500 mobil, dan 1.300 motor," jelasnya.

SUS ini, kata Rusjaf, merupakan yang terbesar kedua di Indonesia. Karena itulah, diharapkan dipelihara dengan baik oleh masyarakat Kota Bandung, termasuk bobotoh. "Ini kebanggaan Kota Bandung, jadi harus dipelihara dengan baik," terang Rusjaf.

Rencananya, pada 2016 nanti, SUS Gedebage akan digunakan untuk pembukaan dan penutupan PON. "Targetnya, pada 2016 nanti digunakan untuk PON," tandas Rusjaf.
(B.95)**