E-PAPER
ARSIP
kabar jatinangor
Sabtu, 11 mei 2013 01:02 WIB

Tol Cisumdawu Gusur Lahan TPU

JATINANGOR (GM) - Selain memerlukan pembebasan lahan warga, proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ternyata juga ikut menggusur tempat pemakaman umum (TPU) seperti TPU di Desa/Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang.

Demikian terungkap dalam pembahasan pembebasan lahan tol antara aparat desa dengan pihak pelaksana proyek di aula kantor Kepala Desa Pamulihan, Selasa (7/5). Pertemuan itu di antaranya membahas pembebasan lahan pemakaman umum yang menjadi aset desa.

"Pertemuan ini juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, selain dari pihak kecamatan. Pertemuan membahas ganti rugi lahan yang akan terkena pembangunan tol, di antaranya aset desa (pemakaman umum)," kata Kepala Desa Pamulihan, Tatang Supriadi ketika dihubungi wartawan, Rabu (8/5).

Tatang mengatakan, dalam ganti rugi aset desa itu, yang akan didahulukan adalah tanah pekuburan. Sebab sempat masyarakat kebingungan ketika akan memakamkan warga yang meninggal dunia. Kalau sudah ada tanah pengganti, warga tentu akan merasa nyaman.

"Untuk pemberkasan penggantian tanah aset desa itu akan dilaksanakan minggu depan atau secepatnya. Soalnya, penggantian lahan pekuburan umum ini sangat mendesak," katanya.

Ia juga berharap pemberkasan bisa dilaksanakan secepatnya. "Jika pemberkasannya selesai, kami harap segera ada penggantinya. Ini ini untuk kepentingan masyarakat banyak," katanya.

Penggantian atau pembayaran tanah pekuburan akan diprioritaskan dan pembebasan lahan lainnya pun segera menyusul setelah ganti rugi tanah pekuburan dibayarkan.
(B.105)**